RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 2 (2020): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling - JULI-DESEMBER 2020

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

Sukatno Sukatno (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Batang Angkola.Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi. Gadget membawa dampak yang baik bagi proses pendidikan didalam pembelajaran, akan tetapi sangat penting untuk mengontrol dan membatasi penggunaan gadget supaya lebih bermanfaat dan tidak menyimpang dari sarana yang telah ada. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul di dalam diri seseorang untuk belajar. Bimbingan kelompok adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu dalam suasana kelompok untuk memperoleh pamahaman baru serta mengembangkan potensi individu secara optimal.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental design rancangan pretest-postest control group design. Sampel kelas eksperimen yaitu kelas X TKJ I sebanyak 10 siswa diantaranya 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan perlakuan layanan bimbingan kelompok.Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxo0n signed rank test yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil Z sebesar 0,045 < 0,05 artinya Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa. Hasil temuan pada kelompok eksperimen terdapat penurunan pengaruh penggunaan gadget yang signifikan antara hasil pretest dan posttest eksperimen. Rata-rata pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 42 % (pretest eksperiment) dan 70 % (posttest eksperiment) ini terlihat perbedaan yang sangat signifikan.Hasil pengolahan data, menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Batang Angkola, yang terdapat adanya pengaruh dapat di minimalisirkan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...