Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran ustadzah dalam melakukan proses bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini menghafal Al-Quran di griya Qur’an Al-Madani Palembang ? Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif, selanjutnya untuk strategi penelitian ini menggunakan CSR (Case Study Research) dan fokus penelitian ini adalah untuk melihat peran ustadzah dalam menjalankan fungsinya sebagai pembimbing, fasilitator, manager, dan evaluator. Adapun jenis data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive, dimana dalam hal ini peneliti terlebih dahulu melakukan pertimbangan sebelum memilih informan, didasarkan pada kriteria terpilih yang relevan dengan masalah penelitian. Pada penelitian ini informan yang dipilih oleh peneliti meliputi : Para Pendidk ( Ustadz/ Ustadzah) pihak Lembaga Griya Qur’an Al-Madani (Ketua Yayasan, Staf Kepala Pendidikan, dan Staf Administrasi) dan orang tua wali murid. Selanjutnya peneliti dalam hal ini menggunakan teknik triangulasi, guna memeriksa keabsahan data yang diperoleh.
Copyrights © 2020