cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
ISSN : 2541657X     EISSN : 25500813     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Arjuna Subject : -
Articles 1,663 Documents
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERINGATAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN DAN INVESTASI PESERTA DIDIK KELAS X PON-PES MUHAMMADIYAH KHA.DAHLAN SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Zainab Rambe; Benny Sofyan Samosir
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.879 KB) | DOI: 10.31604/jips.v4i1.2018.43-48

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk metode pembelajaran peringatan dan pemberian motivasi. Tes untuk peningkatan minat. Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment ganda : r_(yx1 x2) = √((r_(yx1 + )^2 r_(yx2 -〖2r〗_(yx1 ) r_(yx2 r_(x1x2 ) ))^2)/(1 -r_(x1 x2)^2 )) Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui korelasi product moment ganda maka diperoleh nilai r hitung 0,963dan nilai rtabel 0,361 taraf kesalahan 5% dengan N= 30. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa rhitung lebih besar dari yaitu0,963>0,361 dapat dikatakan bahwa Ada Penerapan Metode Pembelajaran Peringatan Dan Pemberian Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan Dan Investasi Peserta Didik Kelas X Pon-Pes Muhammadiyah KHA. Dahlan Sipirok Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Konsumsi
PERANAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ATLET Hastria Effendi
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.837 KB)

Abstract

Psikologi Olahraga pada hakikatnya adalah psikologi yang diterapkan dalam bidang olahraga, meliputi faktor-faktor yang berpengatuh secara langsung terhadap atlet dan faktor-faktor di luar atlet yang dapat mempengaruhi penampilan (performance) atlet tersebut.Di dalam pembinaan olahraga, aspek psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan tercapainya suatu prestasi.Faktor psikologi dan tingkahlaku meliputi; motif-motif berprestasi, intelegensi, aktualisasi diri, kemandirian, agresivitas, emosi, percaya diri, motivasi, semangat, rasa tanggungjawab, rasa sosial, hasrat ingin menang dan sebagainya.Psikologi olahraga sangat penting di dalam pembinaan olahraga prestasi. Beberapa manfaat psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet yaitu dapat menjelaskan dan memahami tingkahlaku atlet dan gejala-gejala psikologik yang terjadi dalam olahraga pada umumnya, dapat meramalkan atau membuat prediksi dengan tepat kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi pada atlet, berkaitan dengan permasalahan psikologik, dan dapat mengontrol dan mengendalikan gejala tingkah laku dalam olahraga; dengan perlakuan-perlakuan untuk menanggulangi hal-hal yang kurang menguntungkan, juga dapat memberi perlakuan-perlakuan untuk mengembangkankemampuan dan segi-segi positif yang dimiliki atlet.
METODE BELAJAR DISKUSI DAN MIND MAPPING DIPILIH KARENA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN MINAT PELAJAR PADA BIDANG STUDI SOSIOLOGI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN sahru romadona
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.97 KB)

Abstract

Permasalahan dan kendala yang dialami para pelajar SMA Negeri 8 Padangsidimpuan pada saat belajar sosiologi terletak pada kebiasaan atau tingkah laku dan dalam cara berpikir. Sebagai pemecahan masalah pengajar mempersilahkan pelajar untuk bebas memilih metode belajar apa saja yang mereka inginkan dan mereka kuasai agar dapat memenuhi standar nilai di sekolah. Apabila para pelajar telah menguasai metode belajar yang mereka pilih maka otomatis para pelajar akan mendapatkan manfaat dari metode belajar yang telah digunakan tersebut. Manfaat akan dirasakan pada saat belajar, saat ulangan harian, dan saat ujian, yaitu mampu menguasai materi sosiologi yang di bahas dan dapat menjelaskan kembali materi tersebut. Daam penelitian ini, pengajar menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan metode deskriptif pengajar sekaligus peneliti akan memaparkan proses dan hasil belajar para pelajar dengan masing-masing metode belajar yang digunakan. Kata Kunci: Metode Belajar, Minat, Bakat
PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEBERSIHAN, PERTAMANAN DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN KOTA PADANGSIDIMPUAN Safran Efendi Pasaribu
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.482 KB)

Abstract

Pengawasan merupakan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen tercapai. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat antara perencanaan dan pengawasan.            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan kepala dinas terhadap efektivitas kerja pegawai dan bagaimana efektivitas kerja pegawai serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran Kota Padangsidimpuan khususnya pada bidang pertamanan.            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 orang yaitu pegawai Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran Kota Padangsidimpuan pada bidang pertamanan. Kemudian teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.            Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: 1. Data primer terdiri dari Observasi,yaitu pengumpulan data dengan pengamatan langsung kepada objek penelitian serta melakukan pencatatan yang di anggap relevan dengan penelitian dan Angket, yaitu membuat daftar pertanyaan dan sudah disiapkan jawabannya, hanya memilih sesuai pilihannya. 2. Data Sekunder terdiri dari penelitian kepustakaan dan studi dokumentasi.            Hasil analisis dan pembahasan yang diperoleh melalui observasi dan penyebaran angket dapat disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan atasan belum efektif karena pengawasan tidak tepat waktu sehingga menghasilkan kinerja pegawai tidak optimal. Kemudian efektivitas kerja pegawai masih jauh dari yang diharapkan disebabkan pegawai sering mengulur-ulur waktu apabila menyelesaikan tugas yang diberikan atasan. Sedangkan pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawaiterdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai yaitu rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel atau 0,989 > 0,288. Koefisien determinasi r2  yaitu 97,8% artinya efektivitas kerja pegawai dipengaruhi oleh pengawasan dan 2,2% dipengaruhi faktor lain dan tidak diteliti.Tetapi diharapkan kepada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran lebih meningkatkan pengawasan kepada pegawai sehingga tingkat efektivitas pegawai lebih optimal dan kepada pegawai supaya meningkatkan efektivitas kerja sehingga tujuan dari organisasi tercapai dengan baik.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 0713 PIR TRANS SOSA I A Bejo Bejo
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.529 KB)

Abstract

Tujuan Penelititan Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah HAM dalam mata pelajaran PKn khususnya kelas VI SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a, sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreativitas. Skor rerata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat meningkat dari 73 % menjadi 89 %. Skor rerata aktivitas siswa yang kurang relevan dengan pembelajaran mengalami penurunan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama rerata skor aktivitas siswa yang tidak relevan sebesar 21,26 %, sedangkan pada siklus kedua sebesar 9,25 % mengalami penurunan sebesar 12,01 %. Skor rerata pemahaman siswa tentang masalah Hak Asasi Manusia, pada siklus pertama sebesar 7,01 % dan pada siklus kedua pada siklus kedua 7,80 %, tergolong baik demikian juga tentang penuntasan belajar pada siklus pertama 74,82 % dan pada siklus kedua menjadi 89,96 %. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah Hak Asasi Manusia dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a.
PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Nurhalimah Riyana; Abdul Aziz Abidan
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.373 KB) | DOI: 10.31604/jips.v4i1.2018.73-79

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok hak asasi manusia peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Dan penelitian lapangan (field research)merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506
MOTIVASI SOSIAL DI OLAHRAGA PEMUDA Padli Padli
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.841 KB)

Abstract

Peserta olahraga pemuda sering melaporkan alasan sosial karena keterlibatan mereka dalam olahraga  seperti ingin menjadi bagian dari tim atau bersama teman-teman, dan sumber sosial positif dan negatif mempengaruhi seperti pengenalan sosial dan tekanan orang tua. Meskipun pandangan sosial olahraga telah diakui, motivasi olahraga pemuda telah menekankan pendekatan yang berpusat pada konstruksi terkait dengan kemampuan fisik dan belum meneliti aspek sosial motivasi secara rinci.Oleh karena itu, motivasi sosial menimbulkan penambahan penjelasan terhadap minat remaja dalam olahraga.
PARTISIPASI KELOMPOK PECINTA ALAM FORESTER TAPANULI BAGIAN SELATAN DALAM PELESTARIAN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI CAGAR ALAM DOLOK SIBUAL-BUALI KABUPATEN TAPANULI SELATAN Safran Efendi Pasaribu; Rizki Efendi Harahap
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.833 KB) | DOI: 10.31604/jips.v4i1.2018.17-21

Abstract

Habitat Orangutan Sumatera (Pongo Abelli) pada dasarnya memiliki manfaat jasa lingkungan yang secara tidak langsung bernilai guna untuk mendukung kebutuhan dan kehidupan manusia. Menjaga habitat orangutan berarti turut serta melindungi hutan yang memiliki beragam manfaat yang dapat dijadikan sebagai sumber dana bagi kegiatan konservasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi Kelompok Pecinta Alam Forester Tapanuli Bagian Selatan dalam pelestarian Orangutan Sumatera (Pongo Abelli) dan kendala yang dihadapi Kelompok Pecinta Alam Forester Tapanuli Bagian Selatan dalam berpatisipasi melestarikan Orangutan Sumatera (Pongo Abelli) di Cagar Alam Dolok Sibual-buali Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan meggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden secara langsung. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, Partisipasi Kelompok Pecinta Alam Forester Tapanuli Bagian Selatan Dalam Pelestarian Orangutan Sumatera (Pongo Abelli) belum cukup optimal, karena disamping terbatasnya pendanaan untuk kegiatan konservasi orangutan, peran Pemerintah, swasta, stakeholders dan masyarakat masih kurang peduli terhadap kelestarian hutan, Dengan tujuan kepentingan perekonomian. Untuk itu diperlukan campur tangan pemerintah, swasta, dan stakeholders untuk mengajak lembaga lokal dan masyarakat setempat dalam mengelola kawasan konservasi beserta keanekaragaman hayati guna terciptanya hutan yang lestari. Kata Kunci: Orangutan Sumatera, Pecinta Alam, Tapanuli Selatan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATH (MENCARI PASANGAN KARTU) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI DI KELAS X MAN SIABU TAHUNPELAJARAN 2015-2016 Sahyuni Sahyuni; Ahmad Fadlan
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.989 KB)

Abstract

penerapan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan dan Investasi di Kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016? Sedangkan tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) dengan metode ceramah dikelas X MAN Siabu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara eksperimen. penelitian eksperimen yang dimaksud adalah mengadakan perlakuan terhadap sampel objek penelitian. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. Kemudian untuk melihat gambaran penerapan penggunaan model pembelajaran indeks card math(mencari pasangan kartu) dalam pembelajaran terhadap kreativitas belajar peserta didik dalam memahami materi pelajaran ekonomi di kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016. diperoleh harga r xyhitung = 0,493. Jika angka indeks korelasi tersebut dikorelasikan dengan tabel “r” tabel Product Moment maka di dapat bahwa taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan n=64 diperoleh 0,254. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai r xy hitung lebih besar daripada r tabel yakni: 0,493 > 0,254. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Product Moment , MAN Siabu
KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SMP DI KOTA PADANG Enjoni Enjoni
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.599 KB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa disiplin guru  SMP di Kota Padang masih rendah. Peneliti menduga bahwa supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja mempengaruhi disiplin kerja guru SMP di Kota Padang, oleh karena itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru SMP di Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Jika supervisi kepala sekolah tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja guru; 2) Jika motivasi kerja tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja guru; 3) Jika supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di beberapa SMP di Kota Padang yang berstatus pegawai negeri sipil dengan jumlah 225 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 83 orang. Data dikumpulkan dengan angket dengan skala likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 24,1 %, 2) motivasi kerja berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 27,5% dan 3)  supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 32,2%. Berdasarkan  analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dan disiplin kerja guru sama-sama berada pada kategori cukup baik dari skor ideal

Page 1 of 167 | Total Record : 1663


Filter by Year

2016 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 9 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 8 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 7 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 6 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 5 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 4 (2023): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 10, No 3 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 2 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 1 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 8 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 7 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 6 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 5 (2022): NUSANTARA :Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 4 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 2 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 1 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 8 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 7 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 6 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 5 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 4 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 3 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 2 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 1 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 4 (2020): (SI) NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 3 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 2 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 1 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 2 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 1 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial More Issue