Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2020 "Peranan Strategis Teknologi Dalam Kehidupan di Era New Normal"

SIMULASI TUBRUKAN PADA PENYEDERHANAAN STRUKTUR RANGKA MOBIL JENIS MONOCOQUE

Muhammad Saifannur Falah (Unknown)
Daffa Azrial Ikhwanta (Unknown)
Pajidu Marinyo Kause (Unknown)
Aan Y udianto (Unknown)
I Wayan Adiyasa (Unknown)
Moch Solikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Salah satu aspek yang perlu di perhatikan dalam merancang kendaraan ialah rangka, rangka merupakan bagian dari kendaraan yang memiliki fungsi sebagai fondasi yang menopang atau menyangga komponen kendaraan mulai dari mesin, drive train, suspensi, sistem kemudi, serta kelistrikan. Selain untuk menopang komponen kendaraan, rangka juga berfungsi sebagai salah satu faktor keselamatan pengemudi saat terjadi benturan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deformasi dan stress pada model sederhana dari rangka monocoque yang mengalami beberapa kondisi tubrukan. Metode penelitian yang digunakan ialah simulasi explicit dynamics analysis untuk menguji beban impact pada peyederhanaan struktur model rangka kendaraan jenis monocoque, dan melakukan simulasi Frontal crash 90 degree barrier, Frontal crash with offset, Pole offset crash, dan 90 degree side crash. Hasil dari penelitian di dapat bahwa pengujian car crash Totaldeformation dan Stress pada peyederhanaan struktur model rangka kendaraan jenis monocoque, Frontal crash berdampak lebih besar dari pada Side crash, dilihat dari hasil nilai total deformation dan stress yang lebih besar dari pada Side crash yaitu pada frontal crash memiliki Total deformation maksimal sebesar 129,92 mm dengan stress maksimal 642,92 Mpa sedangkan side crash memiliki Total deformation sebesar 44,2 mm dengan stress maksimal 473,5 Mpa.

Copyrights © 2020