Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3, No 2 (2020): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X DI SMAN 01 WANARAYA

Sri Lestari Ani (Unknown)
Novi Rahmawanti (Unknown)
Herlina Apriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open Ended menggunakan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Wanaraya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 01 Wanaraya dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yan digunakan berupa tes objektif ranah kognitif dengan soal pilihan ganda, penelitian ini menggunakan quasi eksperiment atau eksperimen semu, sedangkan sampel penelitian ini yaitu X IPA A dan X IPA B berjumlah 65 siswa. Hasil uji kelayakan pendekatan Open Ended menggunakan model pembelajaran STAD dilakukan oleh tiga validator untuk materi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan nilai sig sebesar 0.02 sehingga kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh pendekatan Open Ended dengan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia di SMAN 01 Wanaraya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...