Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3, No 2 (2020): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMAN 1 SUNGAI TABUK

Nur Islamiah (Unknown)
Herlina Apriani (Unknown)
Novrian Dony (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMAN 1 Sungai Tabuk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 sungai tabuk dengan menggunakan metode quasy eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan desain nonequivalent pretest posttest kontrol group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Sungai Tabuk berjumlah 69 sampel yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan pada kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menyatakan H1 diterima sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh LKS berbasis pendekatan induktif terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...