Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 4, No 1 (2021): (Mei) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGEMBANGAN MEDIA CHEM DICE PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI MAN 1 BANJARMASIN

Siti Nurimah (Universitas Islam Kalimantan)
Novrian Dony (Universitas Islam Kalimantan)
Herlina Apriani (Universitas Islam Kalimantan)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media chem dice yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media chem dice dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru-guru kimia sebagai sumber alternatif dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya untuk mempermudah siswa dalam memahami materi tata nama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menurut teori Sugiyono. Media chem dice dihasilkan melalui langkah- langkah proses (R & D), meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk final. Hasil uji kelayakan media chem dice meliputi kelayakan isi, kelayakan sajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafisan oleh validator mendapatkan skor rata-rata sebesar 95,83% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba produk mendapatkan rata-rata skor sebesar 17,3 dengan kriteria sangat baik, sedangkan uji coba pemakaian mendapatkan rata-rata skor sebesar 15,8 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media chem dice layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...