Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik serta beberapa peserta didik kelas XI MIA 5 hasil belajarnya belum mencapai KKM yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran STAD yang dilaksanakan dalam bentuk 2 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 2 Model Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan hewan pelajaran biologi. Penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA 5 MAN 2 Model Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Rata-rata keterampilan proses sains peserta didik meningkat pada siklus I yaitu 84. 49 % (B+) dan meningkat menjadi 92,02% (A-) pada siklus II Rata-rata daya serap peserta didik pada siklus I yaitu 84. 49 % (B+) dan meningkat menjadi 91,66 % (A-) pada siklus II, ketuntasan belajar siklus I yaitu 83,00 % (B+) dan meningkat menjadi 97,00 % (A-) pada siklus II. Rata-rata sikap ilmiah peserta didik pada siklus I yaitu 81,29 % (Baik) dan meningkat menjadi 88,93 % (Sangat Baik) pada siklus II
Copyrights © 2020