Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model Kooperative Learning Tipe STAD pada motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur (library research) melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Studi literatur dalam penulisan ini adalah sebagai dasar pembentukan rencana penulisan awal dan sebagai sumber data penulisan, mengambil sumber data dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan terkait dengan model Kooperative Learning Tipe STAD pada motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri sumber data baik berupa jurnal online, skripsi maupun tesis dan disertasi pada Google Cendekia. Hasil yang penulis dapat dari penelusuran tersebut akan dipelajari kembali menggunakan prinsip deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan model Kooperative Learning Tipe STAD dapat memotivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Terlihat dari hasil penilaian perencanan, aspek guru dan aspek siswa, serta hasil belajar siswa dengan persentase peningkatan yang berbeda-beda disetiap penelitian.
Copyrights © 2020