JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD

Effendi, Ridwan (Unknown)
Reinita, Reinita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Cooperative Script di kelas IV SDN 21 Taluak IV Suku Banuhampu Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 21 Taluak IV Suku Banuhampu Kabupaten Agam sebanyak 26 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi,(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 81,94% (B) Siklus II 91,66% (AB) b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 81,9% (B) Siklus II 94,4% (AB) c) pelaksanaan pada aspek siswa Siklus I 80,55% (B) pada siklus II 94,44% (AB) d) hasil belajar siswa siklus I 77,02 (B) pada siklus II 81,49 (B+) . Dengan demikian model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu siswa kelas IV SDN 21 Taluak IV Suku Banuhampu Kabupaten Agam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...