JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD

Istiqamah, Rahma (Unknown)
Muhammadi, Muhammadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatam hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Batu Putiah Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian rencana pembelajaran pada siklus 1 dengan raa-rata 80,69%, dan siklus II dengan rata-rata 95,45%. Pengamatan guru pada siklus 1 dengan rata-rata 81,25% dan siklus II dengan rata-rata 96,87 %, sedangkan peningkatan aspek peserta didik pada siklus 1 dengan rata-rata 81,25% dan siklus II dengan rata-rata 96,87%. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan adalah 78,68 menjadi 90,11, dan pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata75,72 menjadi 90,79

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...