JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Sherviyana, Sherviyana (Unknown)
Mansurdin, Mansurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang memadukan berbagai mata pelajaran dalam kurikulum dan menghubungkannya dalam satu jaringan tema. Pembelajaran tematik terpadu berfungsi memberikan kemudahan bagi siswa dalam mendalami dan memahami materi pembelajaran yang tergabung dalam satu tema dan dapat menambah semangat belajar siswa karena materi yang dipelajari berdasarkan situasi dunia nyata dan pembelajaran bermakna bagi siswa. Salah satu model yang cocok diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu adalah model Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa dalam menemukan sendiri suatu masalah sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya dan guru tidak langsung memberikan kesimpulan dari materi yang diajarkannyaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi kepustakaan (Library Research) yang menggunakan berbagai kajian kepustakaam dalam memperkuat analisis penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan ini melalui penelusuran online di Google Scholar dengan kata kunci pengumpulan data yang digunakan yaitu, hasil belajar, model Discovery Learning. Hasil analisis 25 jurnal dari sumber yang relevan menunjukkan bahwa model Discovery Learning adalah salah satu model yang dapat membantu siswa dalam melakukan penemuan sehingga siswa dapat belajar aktif dan siswa dapat memecahkan masalahnya sendiri sehingga hasil yang diperoleh akan diingat oleh siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui penelusuran online di Google Scholar dengan kata kunci pengumpulan data yang digunakan yaitu, proses pembelajaran, hasil belajar, model Discovery Learning. Dari hasil penelitian 25 jurnal yang relevan menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...