JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Guguak

Amelia, Kiki (Unknown)
Muhammadi, Muhammadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model make a match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,41 > ttabel = 1,68. Hasil belajar diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-rata kelompok kontrol= 72,8 dan rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen = 81,2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...