Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik purposive sampling dengan sampel siswa kelas V SDN 23 Koto Tangah sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 peserta didik dan kelas V SDN 17 Koto Tangah sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 peserta didik. Data hasil belajar Perkalian dan pembagian Pecahan dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,26530 atau 3,27 sedangkan ttabel pada taraf signifikan ? 0,05 adalah 1,68595 atau 1,69, sehingga thitung > ttabel (3,27 > 1,69). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, terbukti bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif terhadap hasil belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V SDN Gugus IV Tilatang Kamang Kabupaten Agam.
Copyrights © 2020