JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Pecahan Di Sekolah Dasar

Yandiana, Sri Nola (Unknown)
Ariani, Yetti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan MatematikaRealistik (PMR) terhadap hasil belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di kelas VSD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desainpenelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control groupdesign. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisissecara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisismenggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data daripengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,853 sedangkan ttabel padataraf signifikan ? 0,05 adalah 2,042. Maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,853 > 2,042 sehingga Ha diterima atau Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar penjumlahan danpengurangan pecahan di kelas V SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...