Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari : a) RPP siklus I dengan rata-rata 83,33% (B) menjadi 91,67% pada siklus II, b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,14% menjadi 92,85% pada siklus II, pelaksanaan pada aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 80,35% menjadi 89,28% pada siklus II, c) Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 76,65 menjadi 80,61 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V SD Negeri 02 Gurun Panjang Kabupaten Pesisir Selatan
Copyrights © 2021