JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman

Salwani, Ririn (Unknown)
Ariani, Yetti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat/perantara yang sangat penting pada proses pembelajaran, karena media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, dapat dimanfaatkan dalam media pembelajaran. Salah satunya menggunakan software Articulate Storyline 3 dalam pembuatan media pembelajaran, sehingga peserta didik langsung terlibat dalam penggunaannya dan peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 ini bertujuan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran tematik terpadu tema 3 subtema 3 pada kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data untuk penelitian ini didapatkan dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli bahasa. Kemudian, data juga diperoleh dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 14 orang peserta didik di kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman pada tanggal 25 November 2020. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 memperoleh hasil uji validitas materi sebesar 82%, hasil uji validitas bahasa sebesar 93%, dan hasil uji validitas media sebesar 100%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil sebesar 81%, dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate Storyline 3 pada tema 3 subtema di kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...