Motivasi belajar yang rendah, cepat bosan, sering bosan saat mengambil pelajaran, jumlah siswa yang keluar kelas hilang, proporsi siswa yang malas dan cuek merupakan permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran di SMK N 1 Bangkinang. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari praktik Teknik Kerajinan adalah dengan melakukan evaluasi praktik di akhir jam belajar setiap pertemuan. Evaluasi adalah proses menentukan nilai suatu benda atau benda berdasarkan referensi tertentu untuk menentukan tujuan tertentu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI TP 1 Teknik Teknik SMK N 1 Bangkinang yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, hasil observasi berusaha untuk mencapai hasil kerja sendiri pada saat praktik/pembelajaran, seperti benda kerja. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti dapat memotivasi untuk mengikuti siklus I pembelajaran siswa masih sangat sedikit, namun hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Dengan menggunakan metode evaluasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan peneliti lainnya dalam melaksanakan pembelajaran atau tugas penelitian selanjutnya.
Copyrights © 2021