Penelitian dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisis pemikiran tokoh Ibnu Khaldun mengenai konsep pendidikan serta relevansinya dalam menciptakan profesionalisme tenaga pendidik Sekolah Dasar. Setiap harinya manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk menunjang hidupnya berlangsung, begitu pula manusia tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan sebagai upaya pemahaman dan pengembangan diri. Penelitian ini berfokus bagaimana konsep pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi deskriptif secara analitis. Dimana teori ataupun dasar pembahasan yang diambil tidak perlu di luar ruangan, tetapi berdasarkan dari studi kepustakaan seperti jurnal, artikel dan buku. Pada teori pemikiran Ibnu Khaldun diperoleh hasil bahwa suatu kegiatan belajar mengajar, perlu disertai dengan beberapa kali pengulangan hingga benar-benar paham dan mengerti. Beliau menjelaskan dalam proses pembelajaran perlu disertai konsep biar sedikit asal mengerti untuk ditanamkan kepada guru Sekolah Dasar agar memiliki profesionalisme dalam mengajar yang kemudian diterapkan kepada siswanya. Tentu hal ini perlu direalisasikan untuk guru Sekolah Dasar saat ini.
Copyrights © 2021