JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Relevansi Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dalam Menciptakan Profesionalisme Tenaga Pendidik Sekolah Dasar

Maola, Putri Sofiatul (Unknown)
Kuswanto, Kuswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Penelitian dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisis pemikiran tokoh Ibnu Khaldun mengenai konsep pendidikan serta relevansinya dalam menciptakan profesionalisme tenaga pendidik Sekolah Dasar. Setiap harinya manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk menunjang hidupnya berlangsung, begitu pula manusia tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan sebagai upaya pemahaman dan pengembangan diri. Penelitian ini berfokus bagaimana konsep pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi deskriptif secara analitis. Dimana teori ataupun dasar pembahasan yang diambil tidak perlu di luar ruangan, tetapi berdasarkan dari studi kepustakaan seperti jurnal, artikel dan buku. Pada teori pemikiran Ibnu Khaldun diperoleh hasil bahwa suatu kegiatan belajar mengajar, perlu disertai dengan beberapa kali pengulangan hingga benar-benar paham dan mengerti. Beliau menjelaskan dalam proses pembelajaran perlu disertai konsep biar sedikit asal mengerti untuk ditanamkan kepada guru Sekolah Dasar agar memiliki profesionalisme dalam mengajar yang kemudian diterapkan kepada siswanya. Tentu hal ini perlu direalisasikan untuk guru Sekolah Dasar saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...