Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 6, No 1 (2021): Maret

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA ANTARA PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Harry Dwi Putra (IKIP SILIWANGI)
Risma Amelia (IKIP SILIWANGI)
Ratna Sariningsih (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mathematical problem posing siswa SMK antara yang menggunakan pendekatan open-ended dan pendekatan saintifik. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI di SMK TI Pembangunan Kota Cimahi, Jawa Barat. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling, yaitu dua kelas dengan kemampuan matematis siswa yang tidak berbeda secara signifikan, sehingga diperoleh dua kelas yaitu XI RPL-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan open-ended dan XI TEI-C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik. Kedua kelas memiliki kemampuan matematis yang tidak berbeda secara signifikan melalui uji-t. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan mathematical problem posing yang berjumlah lima butir soal uraian pada materi persamaan kuadrat. Teknik analisis data menggunakan uji statistic independent sample t-test terhadap hasil data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji normalitas, dan uji nonparametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mathematical problem posing siswa menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan open-ended memberikan siswa kesempatan yang lebih banyak dalam mengeksplorasi aktivitas menyusun masalah baru atau membuat pertanyaan berdasarkan informasi yang tersedia, sehingga jawaban siswa menjadi lebih beraneka ragam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...