Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu SMP berbasis Eksperimen

Matsun Matsun (Unknown)
Lia Anggraeni (Unknown)
Eka Trisianawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Ilmu alam atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mencari tahu tentang alam beserta isinya secara logis sehingga IPA bukan hanya penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan suatu proses penyelidikan dan penemuan (inkuiri). Bahan ajar yang bersifat terpadu (tidak terpisah) sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana kelayakan buku ajar IPA terpadu SMP Kelas VII berbasis eksprimen berdasarkan ahli materi, (2) Bagaimana kelayakan buku ajar IPA terpadu SMP Kelas VII berbasis eksprimen berdasarkan ahli media. Penelitian dan pengembangan modul IPA terpadu ini menggunakan prosedur 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pendistribusian (disseminate). Analisis data yang digunakan selama proses penelitian dan pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan buku ajar berdasarkan skor criteria. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli materi dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 72.17. (2) Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli media dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 75.14. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen layak digunakan di sekolah. Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen telah di ajukan ISBN dan dicetak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...