Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient

Niken Septianingtyas (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Hella Jusra (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dengan mengetahui hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan AQ, serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesuai dengan tingkatan AQ yang dimilikinya. AQ adalah suatu penilaian yang mengukur bagaimana respon seseorang dalam menghadapi masalah untuk dapat diberdayakan menjadi peluang. Adversity Quotient (ketahanmalangan) dialami oleh semua golongan termasuk peserta didik, maka dari itu perlu dilakukan kajian mendalam terkait hubungan antara AQ dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri di Jakarta. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non tes berupa angket AQ. Hasil dari penelitian ini adalah 1,5% peserta didik memiliki AQ tipe climbers, 41,7% peserta didik memiliki AQ tipe peralihan climbers-campers, dan 56,8% peserta didik memiliki AQ tipe campers, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan AQ. Kesimpulan penelitian ini adalah peserta didik dengan AQ tipe climbers yaitu memiliki sifat untuk pantang menyerah, peserta didik AQ tipe peralihan climbers- campers memiliki sifat keduanya yaitu sifat climbers dan campers, dan peserta didik AQ tipe campers memiliki sifat mudah menyerah dan merasa puas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...