Salah satunya tujuan utama pembelajaran pada abad 21 adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) adalah level berpikir pada proses menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Indikator HOTS dapat diturunkan dari indikator berpikir kritis dan kreatif. Untuk mengetahui kemampuan HOTS matematika siswa dibutuhkan suatu instrumen asesmen HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen HOTS matematika untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi tujuh langkah pengembangan dari Borg dan Gall. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kualitas instrumen asesmen HOTS yang ditinjau dari kriteria valid, reliabel, indeks daya pembeda dan indeks tingkat kesukaran. Hasil akhir pengembangan menunjukkan bahwa instrumen asesmen HOTS berbentuk soal uraian dengan 14 butir soal layak digunakan. Instrumen asesmen HOTS dinyatakn valid berdasarkan penilaian ahli dengan skor rata-rata 36,5 dan kategori sangat baik. Instrumen asesmen HOTS memiliki tingkat kesukaran sedang dengan rata-rata indeks kesukaran 0,5 pada kategori sedang dan daya pembeda baik dengan rata-rata indeks daya pembeda 0,33 pada kategori baik. Instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,733.
Copyrights © 2020