Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika saintifik SMP kelas VIII berbasis multiple intelligences pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKS ini dilakukan karena masih terbatasnya LKS matematika berbasis multiple intelligences kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian LKS oleh ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan LKS, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan LKS, serta soal tes prestasi belajar untuk mengukur keefektifan LKS. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Darussalam Islamic Boarding School Pulungsari yang terdiri atas 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) LKS memenuhi kriteria valid dengan skor 96 dari ahli materi dengan kategori baik dan skor 81 dari ahli media dengan kategori baik. 2) LKS memenuhi kriteria kepraktisan dengan skor 49 dari penilaian guru pada kategori sangat baik dan skor 68 dari penilaian siswa berada pada kategori sangat baik. 3) LKS memenuhi kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar.
Copyrights © 2020