Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan LKS Matematika Saintifik SMP Kelas VIII Berbasis Multiple Intelligences Gardner

Enggar Prasetyawan (Universitas Pamulang)
Heri Indra Gunawan (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika saintifik SMP kelas VIII berbasis multiple intelligences pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKS ini dilakukan karena masih terbatasnya LKS matematika berbasis multiple intelligences kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian LKS oleh ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan LKS, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan LKS, serta soal tes prestasi belajar untuk mengukur keefektifan LKS. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Darussalam Islamic Boarding School Pulungsari yang terdiri atas 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) LKS memenuhi kriteria valid dengan skor 96 dari ahli materi dengan kategori baik dan skor 81 dari ahli media dengan kategori baik. 2) LKS memenuhi kriteria kepraktisan dengan skor 49 dari penilaian guru pada kategori sangat baik dan skor 68 dari penilaian siswa berada pada kategori sangat baik. 3) LKS memenuhi kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...