Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif

Lely Lailatus Syarifah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yenni Yenni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Wista Kumala Dewi (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Level kognitif soal adalah tingkatan soal yang merupakan tingkatan sistem yang menyediakan beragam pemikiran strategis yang dibutuhkan seseorang untuk memanipulasi dan menggunakan pengetahuan berdasarkan tingkat Taksonomi Bloom Revisi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui persentase tingkat proses kognitif pada soal yang terdapat dalam buku ajar matematika SMA kelas XI berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada buku ajar matematika SMA kelas XI revisi 2013 oleh B.K Noormandiri. Analisis butir soal yang dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom Revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan angket. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam (6) tingkat proses kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi, soal pada materi barisan dan deret pada kategori level kognitif C1 (Mengingat) sebanyak 0 butir soal, C2 (Memahami) sebanyak 5% (2 butir soal), C3 (Menerapkan) sebanyak 50% (20 butir soal), C4 (Menganalisis) sebanyak 40% (16 butir soal), C5 (Menilai) sebanyak 2,5% (1 butir soal), dan C6 (Mencipta) sebanyak 2,5% (1 butir soal).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...