Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Google Meeting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Masa Pandemi Covid-19

Niken Dwi Astuti (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Sigid Edy Purwanto (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan google meeting terhadap kemampuan komunikasi matematis smp pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian-penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menerapkan dua pembelajaran yaitu pembelajaran dengan model reciprocal teaching dan pembelajaran konvensional. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 sebanyak 40 siswa dan VII-5 sebanyak 41 siswa di SMP Negeri 5 Cibitung. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes uraian. Tes uraian digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang berjalan. Pada uji kelompok eksperimen diperoleh rata-rata(mean) sebesar 69,878 dan serta . Dengan besar pengaruh menggunakan perhitung effect size sebesar 0,41. Sehingga hasil penelitian menyimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh model reciprocal teaching berbantuan google meeting terhadap kemampuan komunikasi matematis pada masa pandemi covid-19”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...