Patria Artha Journal of Nursing Science
Vol 4, No 1 (2020): Patria Artha Journal of Nursing Science

ANALISIS PEMASARAN INTERNAL DAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT SWASTA KOTA MAKASSAR

Ekawaty, Dian (Universitas Patria Artha)
Faisal, Faisal (Universitas Patria Artha)
Natsir, Syarif Hidayat (Universitas Patria Artha)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat dituntut untuk senantiasa berubah dan meningkatkan kinerja dengan memperhatikan dinamika lingkungan yang sangat kuat terjadi, seperti pelaksanaan pemasaran internal. Tujuan: penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna pengalaman penyelenggara, pelaksana, dan penerima pelayanan, serta menganalisis pemasaran internal terhadap peningkatan kualitas pelayanan di RS Swasta Kota Makassar. Metode Penelitian: pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in-depth interview) kepada partisipan dan penelusuran dokumen, menggunakan metode wawancara semi terstruktur dengan menggunakan pertanyaan terbuka (open-ended questions). Tahapan proses wawancara terdiri atas tiga fase, yaitu: fase orientasi, fase kerja, dan fase terminasi. Hasil: indikator pemasaran internal yang berkontribusi paling besar adalah penghargaan kepada karyawan, namun pihak manajemen rumah sakit masih terkendala dalam beberapa hal untuk menyejahterakan karyawan. Karyawan menyikapi bahwa pemasaran internal sebagai suatu hal yang positif dan dapat menjadi faktor penyebab kepuasan kerja, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Implikasi penelitian: menjadi pedoman bagi Pemerintah dan pihak yayasan RS agar memperhatikan secara menyeluruh semua lini dalam pelayanan rumah sakit. Rekomendasi: diharapkan pihak yayasan RS dan jajaran lebih memperhatikan kesejahteraan SDM kesehatan yang bekerja dalam lingkup RS swasta, serta tidak hanya memperhatikan salah satu lini dalam pelayanan rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Copyrights © 2020