Jurnal Basicedu
Vol 5, No 2 (2021): April Pages 446-1111

Kesulitan Anak Usia 10-11 Tahun dalam menulis Faktual Ragam Eksplanasi

Annisa Kharisma (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Tatat Hartati (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Vismaia Sabariah Damaianti (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Muhammad Solehuddin (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kekeliruan anak usia 10-11 tahun dalam menulis karangan faktual ragam eksplanasi serta menjelaskan dan mendeskripsikan penyebab adanya kekeliruan dan upaya yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa agar kekeliruan menulis karangan faktual ragam eksplanasi dapat diminimalisasi. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan data penelitian berupa kekeliruan menulis karangan faktual ragam eksplanasi. Langkah-langkah studi kasus: (1) Menentukan dan mendefenisikan pertanyaan penelitian. (2) Menentukan disain dan instrumen penelitian. (3) Mengumpulkan data. (4) Menentukan teknik analisis data. (5) Mempersiapkan laporan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah metode tringulasi, review informan, dan intrarater. Temuan penelitian ini, yaitu: anak merasa mampu menulis karangan faktual ragam eksplanasi, nyatanya ditemukan bahwa anak belum memahami sistem penulisan yang baik dan benar. Banyak anak mengalami kesulitan saat menentukan topik, menetukan tujuan, membuat kerangka karangan, menulis isi, merevisi, mengedit, dan mempublikasi karangan faktual ragam eksplanasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...