Bio-Lectura
Vol. 7 No. 1 (2020)

ANALISA EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Haning Hasbiyati (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada peningkatan hasil belajar biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan analisa data deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 70% dari ketuntasan klasikal sebesar 70. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar diperoleh bahwa penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada pembelajaran Biologi efektif meningkatkan hasil belajar siswa yaitu peningkatan hasil belajar pada subjek A sebesar 22,22 % dan subyek B sebesar 5,55%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...