Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika
Vol 8, No 2 (2020)

Early Warning System Untuk Prediksi Tingkat Pelayanan Jalan di Jalur SSA Kota Bogor

Fitria Rachmawati (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia)
Dahlia Widhyaestoeti (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi pada akhir pekan dan hari kerja dikarenakan kota Bogor merupakan kota tujuan wisata serta penunjang kegiatan di DKI Jakarta, sehingga menyebabkan over capacity. Penerapan jalur SSA dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi pada jalur tersebut. Maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu model prediksi yang dikembangkan dalam sebuah sistem aplikasi yang bisa digunakan untuk mendekteksi kemacetan terutama di ruas sistem satu arah kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan beberapa proses diantaranya melakukan survey dan pengamatan lalu lintas di jalur SSA pada Dinas Perhubungan Kota Bogor. Prediksi kemacetan arus lalu lintas menggunakan metode ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System). Hasil prediksi ANFIS kemudian digunakan untuk mengukur tingkat pelayanan jalan berdasarkan karakteristik arus lalu lintas yang ditandai dalam suatu nilai rasio perbandingan antara volume kendaraan dan kapasitas jalan. Pada hasil prediksi yang sudah dilakukan diketahui jumlah kendaraan yang melewati jalus SSA mencapai 5034 dengan kapasitas jalan 6400. Sehingga status kemacetan yang terjadi berada di level C dengan nilai 0,78. Dimana tingkat Pelayanan pada nilai rasio tersebut memiliki karakteristik arus stabil tetapi pergerakan kendaraan dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan sebesar 60 Km/Jam dan kepadatan lalu lintas sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

krea-tif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Krea-TIF adalah jurnal ilmiah dalam teknologi informasi yang berisi literatur ilmiah mengenai penelitian murni dan terapan dalam teknologi informasi dan tinjauan publik mengenai pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek. ...