Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika
Vol 8, No 1 (2020)

Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala

Sampurna Dadi Riskiono (Universitas Teknokrat Indonesia)
Try Susanto (Universitas Teknokrat Indonesia)
Kristianto Kristianto (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertuajuan untuk merancang media pembelajaran yang menarik dan inovatif serta mampu memberikan kemudahan dalam memperkenalkan hewan yang hidup pada zaman prasejarah kedalam karakter yang lebih nyata kepada murid. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tinjauan pustaka, dan kuesioner. Responden yang di gunakan adalah 30 orang yang dipilih secara acak yang terdiri dari guru dan murid SMP sebagai sumber datanya. Tools yang di gunakan untuk membangun aplikasi augmented reality diantarnya yaitu unity, vuforia dan blender. Dalam membuat desain assets software yang digunakan adalah adobe photoshop. Sisi kelebihan dari aplikasi yang dirancang yaitu penerapan metode marker based pada penerapan media pembelajaran dengan model Augmented reality, sehingga lebih menarik dan mampu meningkatkan minat belajar dari siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

krea-tif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Krea-TIF adalah jurnal ilmiah dalam teknologi informasi yang berisi literatur ilmiah mengenai penelitian murni dan terapan dalam teknologi informasi dan tinjauan publik mengenai pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek. ...