Journal of Education Action Research
Vol 5, No 2 (2021): May 2021

Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika)

Sukerti, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan tes awal memperoleh hasil rendahnya hasil belajar tematik (muatan matematika), sehingga diperlukan metode dan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode demontrasi berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar tematik (muatan matematika) siswa kelas III SD.  Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah hasil belajar muatan matematika, sedangkan objek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III yang jumlahnya 15 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan instrumen berupa lembar tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu pra siklus sebesar 64,00% yang tergolong kurang, siklus I sebesar 73,33% yang tergolong cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 78,67% yang tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan Matematika) siswa kelas III SD. Implikasi penelitian ini adalah dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkret, siswa lebih mudah memahami materi, proses pengajaran lebih menarik, siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan melatih siswa untuk berani mencoba. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...