Journal of Education Action Research
Vol 5, No 3 (2021): August 2021

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Contextual

Sugiyanto, Sugiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-8SMP Negeri 2 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Terkait permasalahan yang ingin ditanggulangi dalam, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek pada kelas tempat penelitiansebaanyak 30orang, selanjutnya peningkatan prestasi belajar diupayakan melalui penerapan pendekatan Contextual. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan melalui 2 (dua) kali pertemuan tatap muka. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yakni test prestasi belajar Matematika yang telah disusun pada bagian lampiran RPP dan untuk menganalisis data hasil penelitian menggunakan Metode analisis data deskriptif kuatitatif, dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosentase ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal setiap kali pertemuan dengan memanfaatkan rumus pada program aplikasi excel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dilihat dari hasil evaluasi postest yang telah dilakukan terjadi peningkatan prestasi belajar matematika, dimana data awal prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII-8 rata-rata 66,25dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal53,33%, terjadi peningkatan pada siklus-1dengan rata-ratanya prestasi belajar matematikan 69,93prosentase ketuntasan belajar klasikal 60,00 %. Oleh karenan hasil penelitian siklus-1ini belum memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian dilanjutkan pada siklus-2 dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terlihat pada siklus-1. Selanjutnya terjadi peningkatan prestasi belajar matematikadi siklus-2 menjadi 74,07 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal menjadi86,67 %. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Contextual dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Singaraja Smester genap tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...