Journal of Education Action Research
Vol 4, No 3 (2020): August 2020

Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Drill

Rasmini, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Musik siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 69,07 dengan ketuntasn belajar hanya mencapai 39,47%, pada siklus I meningkat menjadi 74,60 dengan ketuntasan belajar mencapai 73,68% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,441 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar Seni Musik siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...