Journal of Education Action Research
Vol 5, No 1 (2021): February 2021

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2021

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru selama ini yang secara umum tidak terpadu karena guru biasanya menggunakan model pembelajaran langsung yaitu pada saat pemberian materi pelajaran, guru langsung memberikan materi pelajaran tanpa pemberian motivasi awal sebelumnya, atau tidak menggali pengetahuan awal siswa sebelum memberikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar fisika siswa dengan melakukan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Fisika kompetensi Listrik Statik dan Listrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas X RPL1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model pembelajaran PjBL meliputi: penentuan, perancangan, penyusunan jadwal, monitoring, presentasi dan evaluasi. Aspek kinerja dan prestasi belajar siswa diukur dari besarnya nilai pre-test, dan nilai post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kinerja siswa sebesar 18,75%, yaitu diperoleh dari peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 15,70 kemudian meningkat menjadi 24,63 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pem­belajaran project based lerning dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada materi listrik statis dan listrik dinamis daripada dengan model pem­belajaran lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...