Mimbar Ilmu
Vol 26, No 1 (2021): April

Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe TPS dan TSTS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika SD

Widyastuti, Paramita Indah (Unknown)
Rahayu, Theresia Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2021

Abstract

Penyampaian materi pembelajaran yang kurang menarik sering kali menjadi kendala bagi siswa untuk memahami inti dari materi yang disampaikan. Dibutuhkan keahlian guru dan berbagai model pembelajaran yang menarik untuk dapat membangkitkan semangat siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share dan Two Stay Two Stray terhadap kemampuan memecahkan masalah Matematika Sekolah Dasar dengan menggunakan metode Meta Analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan metode Meta Analisis dengan menggunakan 20 jurnal sebagai sampelnya10 jurnal yang berkaitan dengan model TPS dan 10 Jurnal yang berkaitan dengan model TSTS. Uji Prasyarat dan uji Ancova untuk mentukan Effect Size. Pada Uji Prasyarat model Think Pair Share dan Two Stay Two Stray telah teruji berdistribusi normal, homogen, dan linear. Effect Size yang dihasilkan adalah sebesar 0,008 < 0,005 dan nilai pada Partial Eta Square sebesar 0,435 atau 0,2 < 0,435 ≤ 0,5 yang artinya bahwa model Think Pair Share dan Two Stay Two Stray memberikan pengaruh yang tergolong sedang terhadap kemampuan memecahkan masalah Matematika tingkat Sekolah Dasar. Model Think Pair Share dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika pada siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian ini model pembelajaran tersebut dapat diterapkan sehingga dapat meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...