Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 8, No 2 (2020)

Peran Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers Berbantuan Media Powerpoint terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Widiantari, Ni Made (Unknown)
Sri Asri, I G A Agung (Unknown)
Oka Negara, I Gusti Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh yang signifikan model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 9 kelas SD kelas IV dengan sampel 36 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dari kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan tes objektif. Hasil rata-rata gain skor pretest dan posttest kompetensi pengetahuan PPKn menunjukkan kelompok eksperimen memperoleh hasil 0,655 lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelas kontrol yaitu 0,538. Data kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis memakai uji-t polled varians. Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan thitung = 2,053 > ttabel = 1,997. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers berbantuan media powerpoint dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD. Dengan demikian, model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...