Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 19 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Kesehatan terbitan Agustus Volume 19 Nomor 02 Tahun 2020

Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap

Silviyana Sholeha (STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA)
Kusindrati Kusindrati (Unknown)
Rani Rahmasari Tanuwijaya (STIKES Pertamedika Jakarta)
Ragil Marini (STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2020

Abstract

Latar belakang: Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan dapat dilihat dari kepuasan pasien terhadap kualitas makanan. Pelayanan Makanan meliputi kebersihan alat makan, kesesuaian alat makan, ketepatan waktu makanan, variasi menu makan dan sikap penyaji makanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kebidanan di RS Muhammadiyah Taman Puring Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan 44 responden pada bulan September – Desember 2018. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Data kualitas makanan dan kepuasan pasien diambil menggunakan kuesioner. Hasil: Hasil uji bivariat menggunakan chi-square menunjukkan hasil nilai p-value: 0,001 (p>0,05). Simpulan: terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kebidanan di RS Muhammadiyah Taman Puring Jakarta

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jikes

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan mempersembahkan naskah original terkait perkembangan terkini isu kesehatan. Jurnal mendiskusikan tulisan-tulisan ilmiah terkait ilmu kesehatan masyarakat. Bidang keilmuwan jurnal mencakup medis, klinis, kesehatan masyarakat (manajemen dan kebijakan kesehatan, promosi ...