Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Teladan Vol.4. No.2 November 2019

Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang

Kholishotul Amaliyah (Unknown)
Rita Yuliastuti (Unknown)
Edy Nurfalah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dan Media Teka-Teki Silang diterapkan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Hasil analisis penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar 69,23 % , siklus II sebesar 88,46% dan siklus III sebesar 100%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat berdasarkan nilai tes hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang sudah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa 59,09 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%, siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 60,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,46%, siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 92,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan siklus III dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 98,60 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Copyrights © 2020