Dunia pendidikan yang kian berkembang memicu tren pengajaran (teaching) yang dulunya hanya menempatkan guru sebagai komunikator aktif, kini telah mengalami perubahan besar, dimana guru dan siswa telah ditempatkan dalam posisi yang sama-sama aktif melalui penggunaan teknologi dan media pembelajaran. Penggunaan teknologi mobile dapat diasumsikan sebagai salah satu faktor pendorong berkembangnya proses pembelajaran pada institusi pendidikan nonformal maupun pendidikan formal. Untuk itu dibutuhkan fasilitas teknologi yang dapat diakses semua orang dimanapun dan kapanpun.Tentunya peranan perangkat mobile seperti smartphone android maupun ios menjadi solusi terbaik untuk pembelajaran (mobile learning),didak terkecuali dalam pembelajaran bahasa inggris.Mata pelajaran bahasa inggris merupakan salah satu matapelajaran wajib dalam kurikulum SMK yang hasilnya belum memuaskan sejauh ini.Hal ini terbukti dengan masih banyaknya siswa yang belum mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris walaupun mereka sudah mempelajarinya sejak memasuki bangku Sekolah Dasar (SD). Jadi melalui penelitian ini akanterlihat bagaimana efektifitas pembelajaranmobile (mobile learning) dalam mata pelajaran bahasa inggris.
Copyrights © 2021