Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENTUK WAYANG DI PAUD MENOREH MULYO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2018 / 2019

Suyoto Suyoto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Suparni Suparni (Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak Menoreh Mulyo, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Abstract: This study aims to improve language skills in the context of listening and speaking in Menoreh Mulyo PAUD through improved learning by teachers using wayang form media. The research subjects were Menoreh Mulyo PAUD students group A aged 4-5 years. The number of students is 11, consisting of two boys and nine girls. The research method used is classroom action research (PTK). The data collection technique is done by observing through observation sheets. Based on the results of observations and discussion of improvement activities in improving language skills in the context of listening and speaking at PAUD Menoreh Mulyo, Teganing 1, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, DIY in 2019 in the 3-4 year age group, it can be concluded that storytelling activities use media puppet form can improve language skills in terms of listening and speaking. This can be seen from the results of quantitative observations with a decrease in the underprivileged category of children from cycle I which reached 22.7% to 0% in cycle II, and excellent children's abilities in cycle I reached 36.4% in cycle II. experienced an increase or increase of 27.2% to 63.6%. This increase can be concluded qualitatively, namely, through the method of telling stories with wayang media, the indicator achievement is that children can listen to other people telling stories, tell simple experiences, tell stories with a good attitude, and dare to express opinions.Keywords: storytelling method, puppet-shaped media, language.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dalam konteks menyimak dan berbicara di PAUD Menoreh Mulyo melalui perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan media bentuk wayang. Subjek penelitian adalah anak didik PAUD Menoreh Mulyo kelompok A usia 4-5 tahun. Jumlah anak didik sebanyak 11 anak terdiri dari dua anak laki-laki dan sembilan anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan melalui lembar pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan kegiatan perbaikan dalam peningkatan kemampuan berbahasa dalam konteks menyimak dan berbicara di PAUD Menoreh Mulyo, Teganing 1, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, DIY tahun 2019 pada kelompok usia 3-4 tahun, dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan bercerita menggunakan media bentuk wayang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam hal menyimak dan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan secara kuantitatif dengan adanya penurunan anak dengan kategori belum mampu dari siklus I yang mencapai 22,7% menjadi 0% pada siklus II, dan kemampuan anak yang sangat baik pada siklus I mencapai 36,4% pada siklus II mengalami kenaikan atau peningkatan sebesar 27,2% sehingga menjadi 63,6%. Peningkatan ini dapat disimpulkan secara kualitatif yaitu, melalui metode bercerita dengan media bentuk wayang pencapaian indikatornya adalah anak dapat mendengarkan orang lain bercerita, bercerita pengalaman sederhana, bercerita dengan sikap yang baik, dan berani mengungkapkan pendapat.Kata kunci: metode bercerita, media berbentuk wayang, berbahasa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah ...