EDUPEDIA
Vol 4, No 2 (2020): Oktober

Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0

Iven Rahmawati (Unknown)
Dian Kristiana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Muhammad Fadlillah (Universitas Muhammdiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 di TK Kuncup Harapan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana yang sebelumnya melakukan uji prasyarat normalitas,uji linearitas, uji Heteroskedastisitas . Teknik dari pengambilan sampel dengan cara non-probability sampling. Responden dalam penelitian adalah 20 anak TK Kuncup Harapan Ponorogo berdasarkan hasil pengamatan guru terhadap peserta didik dan 20 orang tua dengan persepsi orang tua terhadap anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket  dengan instrument berupa skala gadget dan skala perkembangan sosial emosional. Data diperoleh secara langsung oleh peneliti yaitu pengisian angket dengan dibantu applikasi google form. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengetahui hipotesis penelitian. Analisis data dalam penelitian menggunakan bantuan perangkat software yaitu SPSS 16 for Windows 8. Dari hasil penelitian diperoleh nilai nilai signifikansi sebesar 0.013   0.05 yang dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah ada Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 yang bertempat di TK Kuncup Harapan Ponorogo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...