Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Efektivitas Model Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

Halidin Halidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar Pretest matematika siswa sebelum diajar dengan model pembeljaran Kumon; 2) untuk mengetahui hasil belajar Posttest matematika siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Kumon; 3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kumon efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur dalam pengajaran kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur tahun ajaran 2018/2019 yang tersebar dalam 3 kelas pararel dengan jumlah 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh satu kelas penelitian, yaitu kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara empiris (deskriptif) menunjukkan bahwa; 1) hasil belajar siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran Kumon yang terdiri dari 15 orang diperoleh nilai minimum 44.60, nilai maksimum 84.90, rata-rata (mean) 67.6013, varians 177.435, dan standar deviasi 13.32049; 2) hasil belajar siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Kumon yang terdiri dari 15 orang diperoleh nilai minimum 49.71, nilai maximum 100, rata-rata (mean) 72.9993, varians 227.327, dan standar deviasi 15.07735; 3) melalui analisis lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kelas penelitian telah menunjukkan kriterian sangat aktif dengan nilai rata-rata >80%. Hasil penelitian secara inferensial dengan menggunakan uji-t telah diperoleh nilai thitung = 4,79 dengan ttabel = 1.76, menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima. Secara inferensial ini berarti bahwa model pembelajaran Kumon efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur dalam pengajaran kubus dan balok.

Copyrights © 2020