cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 298 Documents
Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele Zainal, Zaid
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.144

Abstract

Kesulitan pembelajaran geometri siswa biasanya dapat dijelaskan melalui model pembelajaran geometri model van Hiele yang menghubungkan kesulitan ini dengan tahap perkembangan pengetahuan dan Pemahaman konsep geometri yang tidak berdasrkant urutan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mendesain dan membuat satu alat pembelajaran yang disebut Video Pembelajaran Geometri, disingkat VPG untuk membantu Siswa SMP di Kota Parepare meningkatkan peringkat berfikir geometri van Hiele dari suatu peringkat ke peringkat selanjutnya meliputi semua materi geometri yang telah disiswai.VPG dibuat berdasarkan model pembelajaran van Hiele dan proses visualisasi melalui penggunaan sumber teknologi dibidang pendidikan yang tersedia pada tempat penelitian. Keberhasilan VPG dalam membantu siswa meningkatkan peringkat berfikir geometri akan diteliti menggunakan analisis komparatif terhadap skor tes pra dan pos yang diukur menggunakan tes geometry van Hiele yang diadopsi dari soal standar yang telah digunakan sebelumnya oleh Usiskin (1984) untuk mengukur peringkat berfikir geometri siswa sekolah menengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa meningkat peringkat berfikirnya setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan VPG.Alat ini bisa menjadi bahan ajar alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar geometri utamanya siswa SMP kelas 3 .Kata kunci: Teori van Hiele, Peringkar berfikir geometri,Video pembelajaran geometri
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender Indrawati, Nenny; Tasni, Nurfaidah
Jurnal Saintifik Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v2i1.92

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum yang sangat pentingkarena melibatkan kemampuan kognitif yang setiap saat mengalami Perubahan dan perkembangan. Aspek kognitif yang meliputi cara berpikir termasuk perbedaan gender, hubungannya dengan kreativitas berpikir sangat beragam sehingga merupakan area yang penuh dengan kontroversi, oleh karena itu menarik untuk dikaji. Selain itu salah satu alternatif belajar yang digunakan guru untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah menyajikan masalah dengan tingkat kompleksitas masalah yang berbeda.Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tingkat kompleksitas masalah dan perbedaan gender pada mahasiswa STKIP YPUP jurusan matematika semester dua. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif yang bersifat kualitatif berdasarkan pada wawancara berbasis tugasyang dilaksanakan di STKIP YPUP Makassar. pada penelitian ini subjek penelitian difokuskan pada mahasiswa dengan tingkat kemampuan kognitif yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada dasarnya aspek kognitif yang terbentuk pada subjek perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika cenderung sangat hati-hati, ragu-ragu, dan begitu terstruktur sedangkan pada subjek laki-laki cenderung cepat dalam mengambil sikap, kurang sistematis, dan kurang rapi.Namun pada dasarnya, ditinjau dari aspek kognitif tidak ada perbedaan signifikan yang ditunjukkan dalam hal kemampuan penyelesaian masalah matematika baik pada laki-laki maupun perempuan.Kata kunci: kompleksitas masalah, pemecahan masalah, gender
Hubungan Antara Cara Belajar dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kota Makassar Nurmiati, Nurmiati
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.115

Abstract

Siswa yang memiliki cara belajar yang baik, dapat mencerminkan siswa yang memiliki motivasibelajar yang tinggi sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah(i) untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa SMA di kotaMakassar, (ii) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswaSMA di kota Makassar, (iii) untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dan motivasi belajarsecara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMA di kota Makassar. Jenis penelitian iniadalah penelitian éx-post facto” bersifat korelasional dengan teknik pengumpulan datamenggunakan angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) cara belajarsiswa SMA Negeri di kota Makassar berada pada kategori sedang, dan ada hubungan denganhasil belajar biologi siswa SMA Negeri di kota Makassar, (ii) motivasi belajar siswa SMA Negeridi kota Makassar berada pada kategori sedang, dan ada hubungan dengan hasil belajar biologisiswa SMA Negeri di kota Makassar, (iii) hasil belajar siswa SMA Negeri di kota Makassarberada pada kategori sedang, dan ada hubungan antara cara belajar dan motivasi belajar secarabersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di kota Makassar.Kata kunci—3-5 kata kunci, Algoritma A, algoritma B, kompleksitas
APLIKASI REGRESI GANDA MODEL COBB-DOUGLAS TERHADAP PRODUKSI TAMBAK BANDENG DI KECAMATAN WONOMULYO Abdullah, Muhammad Arafat; Samil, St. Haerawati
Jurnal Saintifik Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.82

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi tingkat produksi tambak bandeng dan menganalisis penggunaan regresi ganda model Cobb-Douglas tentang hubungan antara faktor-faktor produksi dengan tingkat produksi. Faktor-faktor produksi yang diteliti meliputi, jumlah nener (X1), jumlah pupuk urea (X3), jumlah pupuk SP36 (X2), dan pengalaman bertani (X4). Jumlah responden dalam penelitian ini 120 orang. Dalam penelitian ini, juga digunakan data sekunder yang merupakan data-data penunjang yang diperoleh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar. Regresi ganda model Cobb-Douglas digunakan sebagai alat analisis data dalam penelitian ini. Dengan statistik uji-t, dapat disimpulkan bahwa secara statistik peubah masukan (X2) dan (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan sedangkan peubah masukan (X1) dan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produksi tambak bandeng di Kec. Wonomulyo pada alpha 5%. Dari hasil analisis, jumlah koefesien keelastisan dari keempat peubah masukan yaitu nilai η = 1,203 atau koefisien keelastisan lebih besar dari 1, maka kegiatan produksi sudah berada pada zona I. Oleh karena itu, penambahan faktor produksi secara teknis masih dapat ditingkatkan, sebab penambahan masukan masih memberikan luaran yang besar.Kata kunci: regresi ganda, Cobb-Douglas, Uji-t
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA2 SMAN 1 MAKASSAR (Studi pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan) Ramadhana, Nurhikma
Jurnal Saintifik Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v1i1.73

Abstract

Penurunan Kualitas pendidikan di Indonesia mengajak kita untuk meninjau kembali mengenai aspek pendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu diantaranya adalah kualitas pengelolaan pendidikan, dimana guru memiliki peran aktif dalam mengamati dan mengawasi setiap permasalahan yang terdapat di dalam kelasnya. Guru dituntut untuk senantiasa meneliti setiap tindakan yang diberikan terhadap masalah-masalah yang terjadi di dalam kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan yang diberikan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa diamati dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan mengisi lembar observasi, yang mengacu pada sintaks inkuiri yaitu, tahap orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan pemberian evaluasi hasil belajar disetiap siklus, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada terjadi peningkatan aktivitas di setiap sintaks dalam strategi pembelajaran inkuiri. Selain itu, untuk hasil belajar ditemukan bahwa pada Siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 52,29 dari nilai ideal 100, dengan frekuensi siswa yang mencapai nilai baik sekali sangat rendah yaitu 0% atau tidak ada dari jumlah siswa sebesar 41 orang siswa. 9,76% atau 4 orang siswa termasuk dalam kategori baik, 41,46% atau 17 orang siswa dalam kategori cukup, 34,15% atau 14 orang siswa dalam kategori kurang dan 14,63% atau 6 orang siswa berada dalam kategori gagal. Sedangkan untuk Siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 64,88 dari nilai ideal 100, dengan Frekuensi siswa yang memperoleh nilai pada kategori baik sekali sebanyak 2 orang siswa atau 4,88%, sementara, 39,02% atau 16 orang siswa termasuk dalam kategori baik, 48,78% siswa dalam kategori cukup, 7,32% atau 3 orang siswa yang berada pada kategori kurang dan 0% yang berada pada kategori gagal. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif peningkatan hasil belajar biologi siswa dari Siklus I ke Siklus II sebesar 12,59%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Makassar. Dalam penerapan strategi pembelajaran inkuiri, disarankan untuk meluangkan waktu yang lebih banyak dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk lebih berkreasi terhadap materi pelajaran yang diberikan.Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Hasil belajar biologi
Simulasi Aliran Plasma dengan Variasi Kecepatan Injeksi Plasma pada Potensial Penghalang dalam Posisi Melayang Faisal, Muliady; Purqon, Acep
Jurnal Saintifik Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i2.179

Abstract

Dalam penelitian ini akan diperlihatkan bentuk difusi aliran plasma yang terjadi akibat variasi kecepatan injeksi plasma pada sebuah potensial penghalang dalam posisi melayang pada kasus distribusi kerapatan muatan dan daerah potensial listrik yang diturunkan dari persamaan Poisson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Particle-In-Cell (PIC). Dalam metode PIC, elektron dan proton merupakan sumber dari plasma. Secara numerik step waktu yang digunakan dalam penelitian yaitu setiap 1 detik dengan periode plasma selama 200 detik dan grid yang digunakan yaitu 20 x 20. Adapun potensial penghalangnya berbentuk persegi. Dari variasi kecepatan injeksi berpengaruh terhadap kerapatan muatan sehingga jika kecepatan injeksinya diperbesar maka akan terdapat daerah kosong yang tidak terisi dibelakang potensial penghalang. Sedangkan untuk daerah potensial listrik jika kecepatan injeksi plasmanya diperbesar maka daerah dibelakang potensial penghalang akan terdapat daerah yang berpotensial yang lebih kecil.Kata kunci: Plasma, PIC, Potensial penghalang
Implementasi Teori Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Bagi Mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat Rahman, Hirman; Nizar, Nizar
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.106

Abstract

Saat ini pengelolah lembaga masih menggunakan cara manual untuk menentukanmahasiswa yang berhak menerima beasiswa sehingga pengelolaan data kurang efektif,membutuhkan waktu yang relatif lama dan sering terjadi subjektifitas dari para pengambilkeputusan. Untuk mempermudah para pengelolah tersebut dalam menentukan mahasiswa yangberhak menerima beasiswa, maka perlu adanya suatu sistem rekomendasi yang berfungsi untukmembantu melakukan seleksi bagi para calon penerima beasiswa. Penelitian ini terkaitpengaplikasian teori pengambilan keputusan yang dibangun dalam suatu sistem denganmenggunakan kombinasi metode Analitical Hierarcy Process (AHP) dan Technique OrderPreference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). AHP digunakan untuk member bobotpenilaian pada kriteria yang dikumpulkan dari hasil kajian pustaka dan hasil wawancara danTOPSIS digunakan dalam proses perangkingan keputusan yang akan diambil sebagai dasarpenentuan keputusan. Penelitian ini yang akan diterapkan pada penentuan penerima beasiswamahasiswa di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas SulawesiBaratKata kunci : Analitical Hierarcy Process (AHP), Technique Order Preference by Similarity ToIdeal Solution (TOPSIS), Beasiswa FMIPA Unsulbar
Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Nursakiah, Nursakiah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.150

Abstract

enelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP. Data hasil penelitian diambil dari data kuantitatif berupa tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, dan data kualitatif berupa hasil observasi siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 54,47 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 16,24 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,7%. 2) hasil belajar matematika siswa siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 69,34 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,01 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,5%. 3) model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII4 SMP Negeri 26 Makassar. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar dan motivasi siswa untuk belajar meningkat, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan siswa yang percaya diri mengerjakan soal di papan tulis mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat, kreativitas, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, CIRC, penelitian tindakan kelas
Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Nur, Syamsiara
Jurnal Saintifik Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v2i1.97

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan, tentang pengaruh penerapan stategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene tahun pelajaran 2014/2015. Dari 4 kelas X IPA, dipilih dua kelas yakni X IPA-3 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA-2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-post test control group design.Data diolah dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran card sort diperoleh nilai mean 2, 840 dengan standar deviasi 1,640. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran card sort diperoleh nilai mean 1, 640 dengan standar deviasi 1,036.Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene yang diajar dengan strategi pembelajaran card sort lebih baik daripada yang diajar tanpa menggunakan card sort pada materi pelestarian lingkungan karena setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, maka diperoleh t hitung kelas eksperimen 12,389 ≥ t tabel 3,745 dan t hitung kelas kontrol 7,915 ≥ t tabel 3,745 berarti hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.Kata kunci : Strategi Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar Biologi.
Analisis Kuantitatif Anomali Gravitasi Metode Least Square pada Terapan Mata Kuliah Analisa Numerik Hamzah, Hardi; Mutmainnah, Mutmainnah
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.140

Abstract

Salah satu teknik eksplorasi dalam mencari material bawah permukaan adalah metode graviti. Metode ini melakukan pengukuran data anomali gravitasi di atas permukaan dan data tersebut diolah atau dianalisis sedemikian rupa sehingga memberikan informasi penyebab anomali gravitasi yang terukur dipermukaan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagian analisis data lapangan menggunakan pemodelan dan inversi metode least square. Peneliti sebagai dosen pengampuh mata kuliah Analisa dengan latar belakang bidang keahlian fisika bumi dan sistem kompleks mengintegrasikan mata kuliah ini dengan gejalah-gejalah fisis yang terukur dipermukaan akibat kehadiran anomali di bawah permukaan. Metode inversi least square dapat digunakan pada menentukan parameter model bola penyebab anomali gravitasi. Parameter model bola yang berhasil diinversi meliputi massa jenis bola, jari-jari, dan kedalaman, Pemberian noise pada data sintetik tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil inversi jadi program yang dibuat telah berhasil dan dapat digunakan pada data lapangan.Kata kunci : Anomali gravitasi, pemodelan, metode inversi least square.

Page 1 of 30 | Total Record : 298


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue