Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika STKIP Weetebula

Yulita Adelfin Lede (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring pada mahasiswa program studi pendidikan IPA dan pendidikan fisika STKIP Weetebula. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode survey dalam bentuk google form secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum aktivitas atau kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan di program studi Pendidikan IPA dan pendidikan fisika STKIP Weetebula berjalan kurang efektif yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya perangkat yang kurang mendukung pembelajaran online, sebagian besar mahasiswa tinggal di lokasi dengan jaringan internetnya kurang stabil, dan pembelajaran lebih bersifat teoritis (minim praktik). Hal ini terlihat dari hasil analisis data terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dengan kategori sangat baik (18,8%), kategori baik (20%), kategori kurang baik (31,2%), kategori sangat tidak baik (30%). Hal lain juga yang mendeskripsikan tingkat efektivitas pembelajaran daring di program studi Pendidikan IPA dan Pendidikan fisika adalah pemahaman materi ajar oleh mahasiswa yang memperlihatkan bahwa 23,8% mahasiswa menyatakan memahami dengan baik materi yang diajarkan sedangkan 76,2% menyatakan kurang memahami.

Copyrights © 2020