Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terlibat dan memberikan kuesioner kepada guru berdasarkan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan rute. Hasil analisis (1) manajemen kelas dan kinerja guru mempengaruhi motivasi siswa di Unit Pendidikan UPT SDN Cluster IV di Kabupaten Palakka Bone; (2) Manajemen kelas dan kinerja guru berdampak pada prestasi belajar siswa di UPT Grup IV Sekolah Palakka Kabupaten Bone. (3) Motivasi belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa di UPT Grup IV Unit Pendidikan Sekolah Dasar Kabupaten Palaka. (4) Manajemen kelas dan kinerja guru berdampak pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa di UPT SDN Cluster IV Unit Pendidikan di Kabupaten Palakka, Kabupaten Bone. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Kinerja Guru, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Peserta didik.
Copyrights © 2020