Di wilayah perkotaan kebutuhan air minum yang berkualitas dan layak di komsumsi menjadi masalah, namun permasalahan ini menjadi peluang bisnis untuk memenuhi kebutuhan akan air minum yang layak. Perusahaan harus terus meningkatkan kualitas produk di tengah persaingan yang ketat dan tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan produk AMDK merek “XYZ” berdasarkan metode Kano. penelitian Kuantitatif ini dilakukan di lingkungan Universitas XBG dengan menggunakan Metode teori Model Kano (1984) dan tabel evaluasi Kano oleh David Walden (1993). Perancangan kuesioner menggunakan delapan dimesi kualitas Garvin (1984) kategori barang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada lima nilai koefisien tertinggi yang hampir seluluh atribut yang terdapat dalam dimensi kualitas kriteria Aestetika dan berdasarkan tabel evaluasi Kano maka 20 atribut kualitas dikelompokan menjadi : kategori Must-be terdapat delapan atribut kualitas, Kategori Indefferent terdapat tujuh atribut kualitas, Kategori Attractive terdapat tiga atribut kualitas dan Kategori One-dimensional terdapat dua atribut. Kesimpulan yang diperoleh bahwa usulan perbaikan kualitas atribut produk dalam proses perancangan dan pengembangan produk AMDK merek “XYZ” terdapat pada: Kategori Attractive terdapat tiga atribut dan Kategori One-dimensional terdapat dua atribut.
Copyrights © 2020