Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram
Vol. 4 No. 3 (2018): September 2018

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN

Musmiratul Uyun (Fakultas Teknik Universitas Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, atau model pembelajaran klasikal; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris atau Phlegmatis; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris atau Phlegmatis; (4) pada masing-masing tipe kepribadian, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, atau pembelajaran klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 3 x 4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kota Mataram Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Hasilnya adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Mataram mewakili kelompok tinggi, seluruh siswa SMA Negeri 2 Mataram mewakili kelompok sedang, dan seluruh siswa SMA Negeri 7 Mataram mewakili kelompok rendah. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai matematika pada Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 sebagai data kemampuan awal; metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa; dan metode angket untuk data tipe kepribadian siswa. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi populasi dengan menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran klasikal, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari model pembelajaran klasikal; (2) Siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris, maupun Phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; (3) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris, maupun Phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; (4) Pada masing-masing tipe kepribadian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran klasikal, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari model pembelajaran klasikal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

SANGKAREANG

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram merupakan jurnal resmi yang memuat artikel ilmiah dari berbagai disiplin keilmuan (bunga rampai) seperti Kesehatan, Kedokteran Hewan, Seni, Teknologi, Teknik, Ekonomi, Kehutanan, Kependidikan dan lain ...