Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram
Vol. 2 No. 3 (2016): September 2016

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Musmiratul Uyun (Fakultas Teknik Universitas Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)manakah yang dapat memberikan hasil belajar matematikayang lebihbaik, siswa yang diajar denganmodel pembelajaran kooperatif tipe TAIdengan AfL, TAI,atau langsung, (2)manakah yang mempunyai hasil belajar lebih baik, siswa dengan kemampuan spasial tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran (TAI dengan AfL, TAI, dan langsung), manakah yang mempunyai hasil belajar matematika lebih baik, siswa dengan kemampuan spasial tinggi, sedang atau rendah, (4) pada masing-masing tingkatan kemampuan spasial siswa (tinggi, sedang, dan rendah), manakah diantara model pembelajaran yang dapat memberikan hasil belajar matematika lebihbaik, model pembelajaran kooperatif tipe TAIdengan AfL,TAI,atau pembelajaranlangsung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain factorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa dengan banyak anggota sampel untuk kelompok eksperimen 1 berjumlah 94 siswa, kelompok eksperimen 2 berjumlah 93 siswa, dan kelompok kontrol berjumlah 93 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar Matematika dan tes kemampuan spasial siswa.Uji prasyarat analisis data menggunakan ujiLillieforsuntuk uji normalitas sedangkan untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlett, dengan 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Uji keseimbangan menggunakan uji Anava satu jalan dengan sel tak sama, dengan 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam keadaan seimbang. Analisis data menggunakan Anava dua jalan dengan sel tak sama.Hasil penelitianini adalah: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI dengan AfL lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran langsung. Selain itu, hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI sama baiknya dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang, (2) hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang dan rendah. Selain itu, siswa yangmempunyai kemampuan spasial sedang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan spasial rendah,(3)pada model pembelajaran TAI dengan AfL, TAI, dan pembelajaran langsung siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi memperoleh hasil belajar lebih baikdibandingkan dengan siswa dengan kemampuan spasial sedang dan rendah, siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang mempunyai hasil belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan spasial rendah, (4)pada siswa dengankemampuanspasial tinggi, sedang dan rendah model pembelajaran TAI dengan AfL mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran TAI dan pembelajaran langsung, model pembelajaran TAI mempunyai hasil belajar yangsamabaiknyadengan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

SANGKAREANG

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram merupakan jurnal resmi yang memuat artikel ilmiah dari berbagai disiplin keilmuan (bunga rampai) seperti Kesehatan, Kedokteran Hewan, Seni, Teknologi, Teknik, Ekonomi, Kehutanan, Kependidikan dan lain ...