Jurnal Dedikasi Pendidikan
Vol 4, No 2 (2020): Juli 2020

Persepsi Literasi Matematika Mahasiswa Terhadap Nilai-Nilai Keislaman

Nurul Akmal (IAIN Takengon)
Edy Saputra (IAIN Takengon)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Matematika identik dengan materi hitungan dan bersifat abstrak tanpa bisa membentuk akhlak peserta didik dengan nilai-nilai akhlakul karimah yang ada dalam islam. Padahal sejatinya tujuan pembelajaran yang diharapkan salah satunya adalah membentuk peserta didik yang bertakwa, berpengatahuan dan berbudi pekerti yang luhur.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat persepsi literasi matematis mahasiswa terhadap nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan mixed-methods yang mengandung pertanyaan terbuka dan tertutup. Populasi penelitian ini semua mahasiswa FTIK IAIN lhokseumawe dan sampel penelitian adalah 64 orang mahasiswa FTIK IAIN Lhokseumawe yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mempunyai persepsi positif terkait literasi matematis terhadap nilai-nilai keislaman. Terdapat 89% mahasiswa mempunyai persepsi positif dan sebagain kecil sisanya 11% mahasiswa berpersepsi lain. Persepsi mahasiswa terhadap nilai tanggung jawab sebesar 96%, nilai keadilan sebesar 89%, nilai kejujuran sebesar 98%, nilai konsisten dan sistematis terhadap aturan sebesar 96%, nilai gotong royong sebesar 65%, nilai tolong menolong sebesar 85%, dan nilai saling menghargai sebesar 80%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh LPPM Universitas Abulyatama yang terbit 2 kali setahun. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan penelitian para akademisi, peneliti, dan praktisi lainnya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Jurnal ini berisi tentang kajian ilmiah dunia pendidikan, pengembangan ...